TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASKES PNS TERHADAP LAYANAN RUMAH SAKIT RUJUKAN PT.ASKES DI KOTA PALEMBANG

Maiyanti, Sri Indra and Roflin, Eddy and Dewi, Sari Ratna (2009) TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASKES PNS TERHADAP LAYANAN RUMAH SAKIT RUJUKAN PT.ASKES DI KOTA PALEMBANG. In: Seminar Nasional MIPAnet, 13-14 Agustus 2009, Bali.

[img]
Preview
PDF - Cover Image
Download (5Mb) | Preview
    [img] PDF (Tingkat kepuasaan konsumen) - Published Version
    Restricted to Registered users only

    Download (81Kb)

      Abstract

      PT.Asuransi Kesehatan Indonesia (Askes), sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dibidang jasa asuransi kesehatan senantiasa berusaha meningkatkan layanan terbaiknya, diantaranya dengan memberikan kesempatan peserta Askes dirujuk ke rumah sakit swasta serta meningkatkan kelas layanan. Namun demikian, masih sering dijumpai adanya keluhan peserta Askes terhadap layanan rumah sakit rujukan PT Askes di Kota Palembang sehingga perlu dilakukan penelitian tingkat kepuasan peserta Askes pegawai negeri sipil (Askes PNS) terhadap layanan rumah sakit rujukan PT Askes di kota Palembang dan atribut-atribut layanan mana yang mencirikan masing-masing rumah sakit rujukan yang diteliti serta hal-hal yang harus ditingkatkan dalam layanan terhadap peserta Askes PNS. Dari penelitian ini diperoleh nilai Indeks kepuasan peserta Askes PNS adalah 68,2% , nilai ini mengindikasikan peserta Askes PNS di kota Palembang merasa cukup puas terhadap layanan tiga rumah sakit rujukan PT Askes. Dengan analisis biplot dapat disimpulkan, layanan yang mencirikan RSA (rumah sakit A) adalah layanan dokter, perawat dan layanan poliklinik yang cukup memuaskan, RSB (rumah sakit B) dicirikan oleh sarana medis dan obat-obatan serta layanan pendaftaran dan administrasi, sedangkan RSC (rumah sakit C) cukup memuaskan pada fasilitas lingkungan fisik. Dengan Importance Performance Analysis dapat disimpulkan, hal yang dianggap penting tapi belum memuaskan peserta sehingga perlu ditingkatkan adalah kemudahan prosedur dalam penyelesaian administrasi, lamanya proses antri dipoliklinik, kesungguhan perawat melayani kebutuhan pasien, ketersediaan obat-obatan di apotik Askes, layanan petugas Apotek, kualitas obat yang diberikan serta keadaan halaman dan lingkungan rumah sakit.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
      Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan Peserta Askes,biplot, Importance Performance Analysis
      Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
      Q Science > Q Science (General)
      Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Department of Mathematics
      Depositing User: Sri Indra Maiyanti
      Date Deposited: 02 Jun 2012 02:06
      Last Modified: 03 Jun 2012 12:20
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/976

      Actions (login required)

      View Item