Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM

Tama, Bayu Adhi (2010) Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM. JURNAL GENERIC, 5 (1). pp. 35-38. ISSN 1907-4093

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (322Kb) | Preview

    Abstract

    Persaingan usaha telah memaksa perusahaan perdagangan untuk lebih selektif dalam menerapkan strategi pemasarannya. Customer Relationship Management (CRM) hadir sebagai sebagai sebuah solusi. Bagian CRM seperti cross/up selling, product affinity analysis, dan product bundling dapat digunakan sebagai sebuah solusi alternatif. Transaksi penjualan dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui penjualan additional products dari produk utama dimana pelanggan telah berkomitmen untuk membelinya. Paper ini akan melakukan analisis terhadap data transaksi penjualan sebuah perusahaan ritel umum yang bergerak di bidang fotografi, fotokopi, medical imaging, printing, dan telekomunikasi yang memiliki variasi produk yang sangat beragam. Keanekaragaman produk ini menghasilkan kemungkinan kombinasi produk yang lebih beragam pula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan strategi penjualan dengan menggunakan data pada tengah semester pertama, tren penjualan dari masing-masing kombinasi produk pada semester kedua mengalami peningkatan yang signifikan.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information System
    Depositing User: Bayu Adhi Tama
    Date Deposited: 29 May 2012 18:50
    Last Modified: 01 Jun 2012 14:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/959

    Actions (login required)

    View Item