APLIKASI METODE TWO STEP CLUSTER UNTUK PENGELOMPOKKAN MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SRIWIJAYA (STUDI KASUS : MAHASISWA ANGKATAN 2010)

Maiyanti, Sri Indra and Cahyono, Endro Setyo and Winata, Weni (2012) APLIKASI METODE TWO STEP CLUSTER UNTUK PENGELOMPOKKAN MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SRIWIJAYA (STUDI KASUS : MAHASISWA ANGKATAN 2010). In: Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (52Kb) | Preview

    Abstract

    Two Step Cluster adalah salah satu metode dalam analisis gerombol/analisis kelompok (Cluster Analysis) yang dirancang untuk mengelompokkan objek, dimana peubah yang digunakan sebagai dasar pengelompokkan mempunyai skala pengukuran yang tidak sama atau merupakan campuran peubah kontinu dan kategorik. Dalam penelitian ini, Two Step Cluster diaplikasikan untuk mengelompokkan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sriwijaya (Unsri), untuk mengetahui karakteristik mahasiswa FMIPA Unsri dalam masing-masing kelompok. Peubah yang digunakan sebagai dasar pengelompokkan merupakan peubah kategorik kontinu dan kategorik. Peubah kategorik yaitu jenis kelamin, status sekolah (Negeri, Swasta), asal sekolah (Palembang, Kabupaten di Sumatera selatan atau Sumsel, luar Sumsel), pendidikan orang tua (SD, SMP, SMA, D1/D3, S1/S2), pekerjaan ayah (PNS/BUMN, Tani/dagang/swasta), pekerjaan ibu (PNS, Tani/dagang/swasta/ibu rumah tangga), sedangkan peubah kontinu adalah rata-rata nilai ujian nasional (nilai UN), rata-rata nilai ujian sekolah (nilai US), dan rata-rata nilai ijazah (nilai ijazah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berjenis kelamin perempuan (65%), dari sekolah negeri (75%), asal sekolah kebanyakan dari kabupaten di Palembang dan dari luar Sumsel (69,5%), pendidikan orangtua mayoritas SMA dan umumnya bekerja sebagai petani,pedagang, swasta (72,5%), sisanya PNS dan BUMN. Kelompok optimal yang dihasilkan dengan metode Two Step Cluster adalah enam kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 50 mahasiswa yang semuanya perempuan, berasal dari sekolah negeri di kota Palembang dan kabupaten di Palembang, pendidikan orang tua SMA. Kelompok kedua terdiri dari 42 mahasiswa, semuanya juga perempuan, mayoritas berasal dari sekolah di Palembang, pendidikan orang tua yaitu SMP dan rata-rata ijazah dan UN tinggi. Pekerjaan ayah adalah tani,dagang,swasta dan ibu adalah tani,dagang,swasta atau ibu rumah tangga. Kelompok ketiga sebanyak 42 mahasiswa, dengan pendidikan orang tua yaitu S1 atau S2, pekerjaan orang tua sebagai PNS atau BUMN dan rata-rata ujian nasional tinggi. Mayoritas berasal dari Palembang dan luar Sumsel. Kelompok keempat sebanyak 40 mahasiswa, berasal dari sekolah di luar Sumsel, nilai UN rendah, pekerjaan ayah semuanya swasta,tani atau dagang dan tidak ada yang PNS atu BUMN, pekerjaan ibu ada yang PNS atau BUMN. Kelompok kelima terdiri dari 30 mahasiswa, semuanya laki-laki, sebagian besar dari sekolah negeri, semuanya berasal dari daerah kabupaten di Palembang, nilai US rendah. Kelompok keenam terdiri dari 58 mahasiswa dengan ciri-ciri status sekolah negeri, berasal dari kabupaten di Sumatera Selatan dengan pendidikan orang tua SD. Pekerjaan ayah adalah tani, dagang, atau swasta dan pekerjaan ibu tani, dagang, swasta atau ibu rumah tangga. Nilai US tinggi.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Two Step Cluster, Mahasiswa FMIPA Unsri
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Department of Mathematics
    Depositing User: Candra Setiawan
    Date Deposited: 25 May 2012 21:17
    Last Modified: 25 May 2012 21:17
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/954

    Actions (login required)

    View Item