Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Medan Listrik

Abdullah, Muhammad Yusuf (2010) Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Medan Listrik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2010. ISSN 978-979-8510-11-3

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (305Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman mahasiswa terhadap konsep mendan listrik. Subjek penelitian adalah mahasiswa tahun pertama yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar dan mahasiswa tahun kedua yang mengikuti mata kuliah Listrik Magnet tahun akademik 2008/2009 sebuah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran yang dilakukan lebih dominan dengan pendekatan matematik mahasiswa pada kedua tingkatan tersebut mengalami kesulitan dalam membedakan gaya dan medan listrik. Kesulitan lainnya adalah dalam menggambar pola medan listrik di sekitar muatan titik. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah dalam merepresentasikan besar dan arah medan listrik pada titik-titik pada berbagai tempat menggunakan vektor medan. Mahasiswa juga masih lemah dalam memahami fungsi garis-garis dalam diagram garis medan.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Mr Muhammad Yusuf Adullah
    Date Deposited: 25 May 2012 02:33
    Last Modified: 25 May 2012 02:33
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/950

    Actions (login required)

    View Item