PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA

Sugiman, Sugiman (2008) PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). ISSN 1978-0044

[img]
Preview
PDF (Journal) - Published Version
Download (120Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Fulltext) - Published Version
    Download (124Kb) | Preview

      Abstract

      Perbedaan pandangan terhadap matematika muncul sejak zaman dahulu sampai sekarang. Perbedaan pandangan ini dipengaruhi oleh filsafat yang dianutnya. Sedikitnya ada tiga aliran besar dalam filsafat matematika, yaitu Platonisme, Formalisme, dan Intuisionisme. Para penganut Platonisme menganggap bilangan adalah abstrak, memerlukan eksistensi objek, dan bebas dari akal budi manusia. Menurut aliran Formalisme, matematika adalah tidak lebih dan tidak kurang dari bahasa matematika (mathematical language). Sedangkan menurut paham Intuisionisme, matematika adalah suatu kreasi dari akal budi manusia (Anglin, 1994: p. 218-219). Aliran keempat yang sering tidak disebut adalah Eklektisisme yakni faham yang memadukan ketiga filosofi di atas. Perbedaan sudut pandang terhadap matematika mengakibatkan perbedaan dalam mengembangkan dan mengajarkan matematika. Seiring dengan perbedaan tersebut, berkembang pula berbagai teori belajar mengajar matematika.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Matematika, filsafat, Platonisme, Formalisme, eksistensi objek, bahasa matematika (mathematical language), kreasi, Eklektisisme
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LA History of education
      Q Science > Q Science (General)
      Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
      Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
      Date Deposited: 30 Apr 2012 14:51
      Last Modified: 30 Apr 2012 15:24
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/815

      Actions (login required)

      View Item