Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik Deduktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar

Taufiq, Taufiq (2010) Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik Deduktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan III. Lembaga Penelitian dan FKIP-Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia, pp. 507-515. ISBN 978-979-8510-11-3

[img]
Preview
PDF (Siklus Belajar Hipotetik Deduktif pada Materi Keseimbangan Benda Tegar) - Published Version
Download (361Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dan instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep, angket skala likert serta lembar observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Semester 2 salah satu SMA Negeri yang berada di Kota Palembang pada tahun pelajaran 2008/2009 dan sampel dua kelas diambil secara acak dari tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep keseimbangan benda tegar siswa yang menggunakan model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, hasil ini di dasarkan pada rata-rata N-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen 0,72 (kriteria tinggi) dan kelas kontrol 0,32 (kriteria sedang). Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif pada materi keseimbangan benda tegar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siklus belajar hipotetik deduktif pada materi keseimbangan benda tegar secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Model Siklus Belajar Hipotetik deduktif, Pemahaman Konsep, Keseimbangan Benda Tegar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Taufiq M. Pd
    Date Deposited: 29 Apr 2012 09:55
    Last Modified: 29 Apr 2012 10:19
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/804

    Actions (login required)

    View Item