Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah IPBA

Taufiq, Taufiq (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah IPBA. In: Seminar Nasional Pendidikan, 19 November 2011, Palembang, Indonesia.

[img]
Preview
PDF (Jigsaw dan Ket berpikir Kreatif) - Published Version
Download (270Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan Meningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah IPBA, melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian terbatas, observasi, dan angket. Terdapat peningkatn keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) yaitu dari 71,7 menjadi 86,5, serta terdapat peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kreatif mahasiswa setiap indikator yaitu pada Kemampuan berpikir lancar (Fluency) sebesar 12,3 menjadi 14,2 (meningkat 12,5 %), kemampuan berpikir luwes (Flexibility) pada siklus I sebesar 23,1 menjadi 28,5 atau (meningkat 15,5 %), Kemampuan merinci (Elaboration/K.Mr) pada akhir siklus I sebesar 22,7 menjadi 26,5 (meningkat 12,5 %), dan Kemampuan menilai (Evaluation/K.Mn) dari 13,5 menjadi 17,3 (meningkat sebesar 18,8 %). Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunakan oleh dosen sebagai salah satu model alternatif dalam pembelajaran fisika, terutama yang menekankan pada peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa khususnya pada mata kuliah IPBA.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Berpikir Kreatif
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Taufiq M. Pd
    Date Deposited: 29 Apr 2012 10:05
    Last Modified: 29 Apr 2012 10:05
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/802

    Actions (login required)

    View Item