EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD

Taufiq, Taufiq and Masitoh, Masitoh (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia, pp. 1-13. ISBN 978-979-8510-32-8

[img]
Preview
PDF (Makalah Prosiding Seminar di UNILA) - Published Version
Download (91Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA berbasiskan multimedia interaktif bagi mahasiswa calon Guru IPA SD, dan membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dan instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S-1 PGSD Semester IV FKIP Universitas Sriwijaya yang berjumlah 45 mahasiswa. Berdasarkan perolehan data skor rata-rata tes awal, tes akhir diketahui bahwa skor rata-rata tes awal mahasiswa sebesar 34,75, sementara skor rata-rata tes akhir mahasiswa sebesar 82,05. Hal ini menunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata tes awal keterampilan berpikir kritis mahasiswa meningkat. Perolehan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,75 termasuk kategori tinggi sehingga dapat dikatakan secara analisis N-gain pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran IPA kelas tinggi. Berdasarkan indikator keterampilan berfikir kritis diperoleh N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen tertinggi pada indikator Merumuskan alternatif penyelesaian sebesar 0,86 dan terendah pada indikator melaporkan berdasarkan pengamatan sebesar 0,65. Keunggulan dalam penelitian ini antara lain pembalajaran berpusat pada mahasiswa; (2) aktivitas mahasiswa dapat terkontrol dan Kelemahannya beberapa mahasiswa belum terbiasa belajar mandiri dan masih tergantung dengan apa yang diberikan oleh dosen.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran, Multimedia Interaktif, Keterampilan berpikir kritis.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Taufiq M. Pd
    Date Deposited: 27 Apr 2012 22:30
    Last Modified: 27 Apr 2012 22:30
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/792

    Actions (login required)

    View Item