KOMPETENSI MATEMATIKA DALAM PERSFEKTIF MATEMATIKA DAN PENGAJARANNYA

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2009) KOMPETENSI MATEMATIKA DALAM PERSFEKTIF MATEMATIKA DAN PENGAJARANNYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 11-22. ISSN 1978-0044

[img]
Preview
PDF (Journal) - Published Version
Download (86Kb) | Preview

    Abstract

    Secara umum, pada pengajaran matematika disemua jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi dihadapkan pada beberapa masalah dan tantangan baik yang datang dari individu maupun yang datang dari masyarakat. Beberapa masalah dan tantangan pengajaran matematika berhubungan erat dengan apa yang dinamakan masalah jastifikasi. Masalah ini merupakan manifestasi masalah pada level masyarakat dan pada level individu. Pada level yang pertama, masyarakat memerlukan orang-orang yang berpendidikan baik agar mampu berkontribusi secara aktif untuk membentuk masyarakat yang kritis dan bertindak secara sistematis, bersikap konsisten terhadap pendirian, pekerja keras, mampu membuat berbagai macam prediksi dalam berbagai macam konteks. Berkaitan dengan harapan level ini, perlu adanya peningkatan jumlah generasi muda yang terdidik dengan kemampuan mengunakan matematika yang diperoleh dari program pendidikan dengan memuat komponen matematika yang kuat. Pada level kedua, individu sendiri direfleksikan oleh apa yang dinamakan Paradoks relevansi. Meskipun pengetahuan matematika sangat relevan untuk masyarakat, kebanyakan individu khususnya pelajar menghadapi kesulitan-kesulitan untuk memahami bahwa matematika sangat relevan terhadap mereka sebagai individu. Pemahaman tentang matematika mempunyai korespondensi dengan proses yang dilakukan oleh individu dalam pencapaian hasil dari proses itu. Pencapaian hasil proses ini, akan bermakna jika telah dirumuskan tujuannya untuk memenuhi kompetensi-kompetensi tertentu. Sehubungan dengan tuntutan masyarakat dan individu, kompetensi-kompotensi capaian dalam proses pembelajaran dalam setiap jenjang pendidikan memerlukan pemahaman tenaga pendidik tentang relevansi kompetensi itu dengan kebutuhan masyarakat dan individu. Capaian proses pembelajaran pada umumnya ditentukan oleh masalah kemampuan pendidik mengenal potensi awal perserta didik dalam matematika dan bentuk asesmen yang cocok dengan kompetensi yang hendak dicapai.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI, MATEMATIKA, PERSFEKTIF, PENGAJARAN
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr. Darmawijoyo Hanapi
    Date Deposited: 27 Apr 2012 11:25
    Last Modified: 27 Apr 2012 11:26
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/787

    Actions (login required)

    View Item