PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MENUJU ACEH MADANI (MODEL PM-RAHMA)

Johar, Rahmah (2009) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MENUJU ACEH MADANI (MODEL PM-RAHMA). Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 1-10. ISSN 1978-0044

[img]
Preview
PDF (Journal) - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) saat ini sedang berbenah dari keterpurukannya setelah didera konflik hampir 30 tahun dan disusul dengan bencana alam gempa dan tsunami. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan suatu model pembelajaran yang memanfaatkan realitas dan nilai-nilai Islami serta mengoptimalkan keaktifan siswa. Model ini dikenal dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik menuju Aceh Madani (Model PM-RAHMA). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk memperoleh model PM-RAHMA yang memenuhi kriteria valid. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan model pembelajaran ini adalah tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, dan tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh buku panduan tentang model PM-RAHMA beserta perangkatnya yang memenuhi kriteria valid. Adapun sintaks model PM-RAHMA adalah (1) orientasi, (2) penyajian masalah real yang bernuansa Islami, (3) pemahaman masalah real secara individu, (4) Diskusi kelompok tentang masalah real, (5) presentasi hasil diskusi kelompok, dan (6) evaluasi dan penguatan. Sedangkan perangkat yang diperoleh adalah buku siswa, Lembar Kerja Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan tes hasil belajar.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: pendekatan realistik, masyarakat madani
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
    Date Deposited: 27 Apr 2012 11:17
    Last Modified: 27 Apr 2012 11:27
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/786

    Actions (login required)

    View Item