Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Framework Science Pisa pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Athira , Nisputriana/AN and Rahmi, Susanti/RS and Kodri, Madang/KM (2015) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Framework Science Pisa pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi-IPA, FKIP Unsri, 14 November 2015, Palembang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Mb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (10Mb) | Preview

      Abstract

      Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi framework science PISA telah dilakukan pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research (DR) yang mengacu pada model pengembangan Akker. Langkah penelitian pengembangan terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap evaluasi dan revisi. Tahap evaluasi dan revisi mengikuti tahap evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Tessmer yang dibagi menjadi tiga yaitu tahap evaluasi sendiri (self evaluation), tahap penilaian pakar (expert review), tahap orang per orang (one to one), dan tahap kelompok kecil (small group). Penelitian pengembangan ini dibatasi hingga tahap kelompok kecil (small group). Validasi LKPD dilakukan pada tahap penilaian pakar (expert review) oleh validator isi, validator konstruk, validator PISA, dan validator bahasa. Nilai rata-rata hasil validasi yang diperoleh pada tahap penilaian pakar (expert review) adalah 3,50 yang menunjukkan bahwa LKPD termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD dapat diketahui melalui hasil analisis angket peserta didik pada tahap orang per orang (one to one) dan tahap kelompok kecil (small group). Nilai rata-rata yang diperoleh hasil angket kepraktisan pada tahap orang per orang (one to one) adalah 3,49 dan tahap kelompok kecil (small group) adalah 3,33 yang menunjukkan bahwa LKPD termasuk kategori sangat praktis. Hasil analisis validasi dan angket kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: pengembangan LKPD, framework science PISA, sistem ekskresi
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
      Depositing User: Dr. Rahmi Susanti
      Date Deposited: 16 Mar 2018 10:51
      Last Modified: 16 Mar 2018 10:51
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7723

      Actions (login required)

      View Item