UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS III SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS

Ermayanti, Ermayanti (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS III SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS. WACANA EDUKASI, Jurnal Bidang Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1 (1). pp. 28-33. ISSN ISSN 2087-541 X

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (51Kb) | Preview

    Abstract

    Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), di kelas III SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournaments. Adapun indikator keberhasilan adalah ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar siswa jika 85% siswa mendapatkan nilai di atas 65. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 65,91%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 97,73%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas III SMA Srijaya Negara palembang.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: PTK, Action Research, Team Games Tournaments, Hasil belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: Dr Ermayanti
    Date Deposited: 05 Feb 2018 15:53
    Last Modified: 05 Feb 2018 15:53
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7652

    Actions (login required)

    View Item