Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Berdasarkan Pendekatan Kontekstual

Nurhayati, Nurhayati and Purnomo, Mulyadi Eko and Saripudin, Agus (2006) Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Forum Kependidikan, 26 (1). pp. 35-55. ISSN 0215-9392

[img] PDF (PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2030.

Download (348Kb) | Request a copy

    Abstract

    Buku teks yang baik merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kenyataan menunjukkan buku teks yang benar-benar sesuai dengan Kurikulum 2004 dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual belum tersedia, terutama untuk SMP di kota Palembang atau Provinsi Sumatera Selatan. Oleh karena itu, pengembangan buku teks yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan karakteristik siswa di Palembang dan Sumatera Selatan sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku teks yang bisa digunakan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 7 SMP. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan langkah-langkah mengkaji kurikulum, melakukan survei terhadap buku teks yang digunakan, dan mengembangkan buku teks sebagai prototipe dengan karakteristik yang dikehendaki. Hasil survei menunjukkan bahwa belum ada buku teks yang sesuai dengan kurikulum 2004 dan karakteristik siswa SMP di Palembang dan Sumsel. Proses pengembangan menghasilkan draf buku teks untuk siswa dan buku panduan unluk guru. Draf buku teks berisi 14 unit pelajaran yang materinya mencakup semua kompetensi dan indikator selama satu tahun. Draf buku panduan guru berisi panduan umum dan panduan khusus untuk setiap unit/ pelajaran. Buku teks dan buku panduan guru itu pada tahap selanjutnya akan direview dan dicobakan di sekolah-sekolah.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: buku teks SMP,mata pelajaran Bahasa Indonesia,kontekstual
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Nurhayati Dr
    Date Deposited: 05 Sep 2017 16:54
    Last Modified: 05 Sep 2017 16:54
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7474

    Actions (login required)

    View Item