Pelatihan Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning Bagi Para Guru SMP di Kecamatan Gelumbang

Nurhayati, Nurhayati and Purnomo, Mulyadi Eko and Saripudin, Agus (2005) Pelatihan Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning Bagi Para Guru SMP di Kecamatan Gelumbang. Berita Sriwijaya, 1 (1). pp. 41-58.

[img] PDF (PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI PARA GURU SMP DI KECAMATAN GELUMBANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only until July 2030.

Download (108Kb) | Request a copy

    Abstract

    Tujuan utama kegiatan ini adalah agar guru peserta dapat menyusun rencana pembelajaran (RP) sesuai strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dan mampu melaksanakan strategi CTL sesuai dengan RPP yang telah dibuat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan tes pada awal kegiatan, peseta pelatihan umumnya tida memahami prinsip-prinsip CTL, dengan rata-rata nilai tes awal hanya 30. Faktor penyebab kerendahan nilai yang terungkap adalah bahwa seluruh belum pernah mendengar apalagi menerapkan strategi CTL. Pada akhir pelatihan, rata-rata nilai terbesar 89. Para peserta menganggap bahwa kegiatan ini sangat penting. Kesempatan mengikuti pelatihan seperti ini sangat kurang, dan disarankan frekuensi pelatihan ditingkatkan.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: strategi,contextual,bahasa Indonesia
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Nurhayati Dr
    Date Deposited: 05 Sep 2017 16:54
    Last Modified: 05 Sep 2017 16:54
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7462

    Actions (login required)

    View Item