Kajian Keterbacaan Buku–Buku Teks Pendamping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Formula Grafik Fry Dan Prosedur Klos

Mahdijaya, Mahdijaya and Nurhayati, Nurhayati and Djamaah, Sopah (2003) Kajian Keterbacaan Buku–Buku Teks Pendamping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Formula Grafik Fry Dan Prosedur Klos. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (02). pp. 120-134. ISSN 1411-2388

[img] PDF (Kajian Keterbacaan Buku–Buku Teks Pendamping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Formula Grafik Fry Dan Prosedur Klos) - Published Version
Restricted to Repository staff only until June 2030.

Download (222Kb) | Request a copy

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku-buku teks pendamping pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD dengan formula keterbacaan grafik Fry dan prosedur klos di Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan grafik Fry dan prosedur klos. Sampel penelitian ini adalah 97 siswa kelas V SDN. Buku teks yang diteliti berjumlah enam buah yang diterbitkan oleh beberapa penerbit swasta. Berdasarkan kajian tingkat keterbacaan dengan grafik Fry diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks cocok, sedangkan tiga teks buku lainnya tidak cocok untuk siswa kelas V SD. Berdasarkan kajian keterbacaan dengan prosedur klos diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks memeiliki tingkat keterbacaan rendah, sedangkan tiga buku lainnya memiliki tingkat keterbacan sedang.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: keterbacaan,buku teks pendamping,grafik fry,prosedur klos
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Nurhayati Dr
    Date Deposited: 05 Sep 2017 16:54
    Last Modified: 05 Sep 2017 16:54
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7460

    Actions (login required)

    View Item