PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN

Anwar, Yenny and Nuryani, Y. Rustaman and Ari Widodo, Dr and Sri Redjeki, Prof (2016) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN. Cakrawala Pendidikan, 3 (xxxv). pp. 349-365. ISSN (e-ISSN) 2442-8620/ (p-ISSN) 0216-1370

[img] PDF (Jurnal Cakrawala Pendidikan) - Published Version
Download (58Kb)

    Abstract

    Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge diteliti selama satu tahun setelah semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra menjadi growing PedagogicalContent Knowledge. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pedagogical Content Knowledge calon guru ini bersifat kontinum dan bertahap sesuai proses pada tiap tahapan. Kata Kunci: pendidikan guru biologi, pedagogical content knowledge, pendidikan guru konkuren, calon guru biologi

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: pendidikan guru biologi, pedagogical content knowledge, pendidikan guru konkuren, calon guru biologi
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: Dr Yenny Anwar
    Date Deposited: 04 Aug 2017 12:09
    Last Modified: 04 Aug 2017 12:09
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7425

    Actions (login required)

    View Item