Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Nurhayati, Dr and Ratnawati, L (2005) Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (1). pp. 61-79. ISSN 1411-2388

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 A SD N 1 Inderalaya dengan menggunakan teknik story telling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pada tes awal tidak seorang pun dari 22 siswa yang memperoleh nilai > 75 (0%) sedangkan nilai rata-rata kelas 43. Pada tes akhir siklus I, terdapat 8 siswa yang mendapatkan nilai > 75 (36%) dengan nilai rata-rata kelas 62. Pada tes akhir siklus II, terdapat 16 siswa yang mendapat nilai> 75 (73%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Pada tes akhir siklus III, terdapat 19 siswa yang mendapat nilai > 75 (86%) dengan nilai rata-rata kelas 83. Jadi, kemampuan siswa berbicara meningkat melalui penerapan teknik story telling. Dengan teknik itu siswa terlihat antusias (aktif dan senang) mengikuti kegiatan pembelajaran. Bila dilihat dari kriteria keberhasilan baik dari segi proses maupun dari segi hasil, siklus I dan II belum berhasil. Keberhasilan tindakan baru tercapai pada siklus III.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Nurhayati Dr
Date Deposited: 31 May 2017 09:15
Last Modified: 31 May 2017 09:15
URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7343

Actions (login required)

View Item