Kajian Keterbatasan Buku-Buku Teks Pendamping Kelas V SD dengan Formula Grafik Fry dan Prosedur Klos

Mahdijaya, M.Pd and Nurhayati, Dr and Sopah, Djamaah (2003) Kajian Keterbatasan Buku-Buku Teks Pendamping Kelas V SD dengan Formula Grafik Fry dan Prosedur Klos. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (2). pp. 120-134. ISSN 1411-2388

[img] PDF (Artikel dari Jurnal Lingua) - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 13 October 2030.

Download (7Mb) | Request a copy

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku-buku teks pendamping pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD dengan formula keterbacaan grafik Fry dan prosedur klos di Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan grafik fry dan prosedur klos. Sampel penelitian ini adalah 97 siswa kelas V SDN. Buku teks yang diteliti berjumlah enam buah yang diterbitkan oleh beberapa penerbit swasta. Berdasarkan kajian tingkat keterbacaan dengan grafik Fry diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks cocok, sedangkan tiga buku teks lainnya tidak cocok untuk siswa kelas V SD. Berdasarkan kajian keterbacaan dengan prosedur klos diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks memiliki tingkat keterbacaan rendah, sedangkan tiga buku teks lainnya memiliki tingkat keterbacaan sedang.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: keterbacaan, buku teks pendamping, grafik Fry, prosedur klos
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education
    Depositing User: Nurhayati Dr
    Date Deposited: 31 May 2017 09:16
    Last Modified: 31 May 2017 09:16
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7332

    Actions (login required)

    View Item