Pengembangan hiperteks akademik untuk pembelajaran lanjut: tinjauan dari perspektif konstruktivisme

Syuhendri, Syuhendri and Siregar, Nelson (2004) Pengembangan hiperteks akademik untuk pembelajaran lanjut: tinjauan dari perspektif konstruktivisme. Forum Kependidikan, 23 (2). pp. 172-188. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1545Kb) | Preview

    Abstract

    Interpretasi konstruktivisme pada persoalan kognisi dan psikologi pendidikan yang ditekankan pada proses retrievel tidak bermasalah untuk pembelajaran dasar. Untuk pembelajaran lanjut, yang ranah pengetahuannya bersifat ill-structured dan ranah substansinya bersifat case to case irregularity, proses seperti ini tidak memadai lagi. Pembelajaran lanjut yang bertujuan menguasai elemen-elemen penting pengetahuan dan kemampuan menerapkannya pada situasi baru yang berbeda menuntut fleksibilitas kognisi. Instruksional dengan hiperteks dipandang dapat menjembatani ini karena sifat random access-nya sejalan dengan fleksibilitas kognisi. Namun kondisi hiperteks under-use saat ini menghambat pemanfaatannya. Berdasarkan kajian, hipeteks yang dikembangkan berdasarkan wacana argumentatif mampu menampilkan proses membangun pengetahuan secara lengkap.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: hiperteks, pembelajaran lanjut, pengajaran sains, struktur ilmu, konstruktivisme.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:25
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:25
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7287

    Actions (login required)

    View Item