Pengelolaan sekolah untuk mengembangkan sumber daya manusia dan implementasinya pada pembelaiaran IPA SD: suatu refleksi hasil short course di New Zealand

Syuhendri, Syuhendri (2012) Pengelolaan sekolah untuk mengembangkan sumber daya manusia dan implementasinya pada pembelaiaran IPA SD: suatu refleksi hasil short course di New Zealand. In: Seminar Nasional Diseminasi Hasil Pelatihan Luar Negeri Bidang Pendidikan Dasar Program BERMUTU Ditjen Dikti, 06-08 Juni 2012, Denpasar. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Presentation
Download (1291Kb) | Preview

    Abstract

    Makalah disusun berdasarkan hasil pelatihan singkat Pcndidikan Dasar Program BERMUTU yang dilaksanakan di Massay University Palmerston North New Zealand. Fokus pembahasan adalah bagaimana pendidikan New Zealand mengembangkan sumber daya manusia seutuhnya dan praktiknya pada kasus pembelajaran IPA SD. Dari hasil diskusi dengan berbagai stakholders, tinjauan ke sekolah, dan pengamatan didapatkan sutu benang merah dan konsistensi pengelolaan pendidikan yang mengarah untuk tujuan di atas. Ada tiga pilar penunjang visi pendidikan New Zealand; value, key competencies, dan learning area. lni identik dengan tiga ranah dalam sistem pendidikan Indonesia; kognitif, afektif dan psikomotorik. Ini sejalan juga dengan hakekat pembelajaran IPA; proses, produk, dan sikap ilmiah. Usaha untuk mencapai tiga pilar tersebut tergambar mulai pada pengelolaan pendidikan, setting ruangan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan sistem evaluasi. Sekolah dikelola oleh Board of Trustees yang bertanggung jawab terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran. Ruang belajar dibuat untuk memungkinkan pembelajar mengembangan keterampilan dan nilai-nilai. Proses pembelajaran dilakukan dengan adanya interaksi untuk mengembangkan ketiga pilar. Hasil dari berbagai konsistensi tersebut tercermin dari berbagai kompetensi yang diperlihatkan siswa dan penilaian oleh lembaga global seperti OECD dan Human Development lndexs.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Syuhendri, M.Pd., Ph.D.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:27
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:27
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7286

    Actions (login required)

    View Item