Peningkatan kualitas pembelajaran guru fisika melalui teknik peta konsep dan demonstrasi yang tertuang dalam rencana pembelajaran

Pasaribu, Abidin and Syuhendri, Syuhendri and Artadi, Budi and Yeni, Yeni (2002) Peningkatan kualitas pembelajaran guru fisika melalui teknik peta konsep dan demonstrasi yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Forum Kependidikan, 22 (1). pp. 1-14. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1216Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru Fisika. Penelitian ini dilakukan di sekolah mitra SLTP Negeri I Palembang pada siswa kelas l.l dengan jumlah siswa 49 orang. Setelah 3 siklus tindakan, dihasilkan: (a) kualitas guru membuat peta konsep adalah baik, (b) kualitas guru menggunakan peta konsep adalah baik (c) kualitas guru merumuskan dan memilih tujuan pembelajaran khusus yang tepat dengan berbagai jenjang adalah baik, (d)kualitas guru merencanakan dan menggunakan demonstrasi adalah baik, (e) terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa. Guru masih perlu berlatih menyusun konsep semantik (semantic consept), kata-kata penghubung konsep, dan mengaktifkan siswa bertanya-jawab/berdiskusi setelah selesai demonstrasi.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, peta konsep, demonstrasi
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:25
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:25
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7284

    Actions (login required)

    View Item