Hiperteks dalam pembelajaran sains: wadah membangun pengetahuan pembelajar

Syuhendri, Syuhendri (2004) Hiperteks dalam pembelajaran sains: wadah membangun pengetahuan pembelajar. Forum MIPA , 8 (3). pp. 71-78. ISSN 1410-1262

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (954Kb) | Preview

    Abstract

    Akuisisi pengetahuan dilakukan dalam tiga tahap; Introductory, advanced, dan expertise. Introductory learning dapat didekati dengan instruksional tradisional, sedangkan expertise dibentuk melalui pengalaman. Tahap advanced, jembatan kedua kutub, punya karakteristik tersendiri. Satu sisi pembelajar belum melewati sejumlah pengalaman, pada sisi lain mereka diharapkan menguasai kompleksitas pengetahuan dan mampu menerapkan secara fleksibel pada situasi baru. Hal seperti ini menuntut kemampuan fleksibilitas kognisi. Hiperteks dipercaya dapat meningkatkan kemampuan ini karena sifatnya sejalan dengan Teori Fleksibilitas Kognisi. Dalam pembelajaran sains, hiperteks sebagai struktur bangunan konsep melalui elaborasi dan progresi, melebihi peran peta konsep. Hiperteks juga mampu memperlihatkan susunan tiga dimensi materi-subyek.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: hiperteks, pembelajaran sains
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:24
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:24
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7282

    Actions (login required)

    View Item