Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana

Aprilia, Suci and Syuhendri, Syuhendri and Andriani, Nely (2015) Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Fisika, IPA dan Ilmu Fisika dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. FKIP Universitas Sriwijaya, Palembang, pp. 159-169. ISBN 978-60271715-1-0

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (360Kb) | Preview

    Abstract

    Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) pemahaman konsep dan; 2) miskonsepsi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yaitu angkatan 2014, sebanyak 36 mahasiswa terdiri dari 33 mahasiswa perempuan dan 3 mahasiswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berupa Diagnostik-Remidial Test Prelude To Simple Harmonic Motion berbentuk pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 26 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) skor rata-rata pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana sebesar 28,21%; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa sebesar 53% subkonsep kelajuan pegas, 33% gaya pegas, 42% percepatan pegas, 32% energi pegas, 47% osilasi pegas, 36% usaha pada pegas dan 22% pertambahan panjang pegas. Kesimpulan penelitian adalah 1) pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana termasuk kedalam kategori rendah; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok gerak harmonik sederhana. Miskonsepsi tersebut adalah kelajuan benda bermasaa m akan mencapai nilai maksimum pada saat simpangan maksimum. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pemahaman konsep dan dosen harus mengidentifikasi tentang pemahaman konsep mahasiswa serta melakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, miskonsepsi, gerak harmonik sederhana
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:24
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:24
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7278

    Actions (login required)

    View Item