Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Melati, Melati and Syuhendri, Syuhendri and Wiyono, Ketang (2015) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Fisika, IPA dan Ilmu Fisika dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. FKIP Universitas Sriwijaya, Palembang, pp. 257-267. ISBN 978-602717-15-1-0

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (473Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group pre-test and post-test design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Pada Proses Pembelajaran, kelas eksperimen diajar dengan metode eksperimen dan kelas kontrol diajar dengan metode diskusi kelompok. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,7 yang termasuk kategori sedang dan N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 0,5 yang termasuk kategori sedang. Secara Statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 3,84 sedangkan ttabel = 1,67 terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, hasil belajar fisika
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
    Date Deposited: 18 Apr 2017 06:24
    Last Modified: 18 Apr 2017 06:24
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/7277

    Actions (login required)

    View Item