“KULDESAK” PENULISAN SEJARAH SRIWIJAYA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH: SEBUAH WACANA AWAL

Santun, Dedi Irwanto Muhammad (2008) “KULDESAK” PENULISAN SEJARAH SRIWIJAYA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH: SEBUAH WACANA AWAL. Wahana Didaktika, IX (15). pp. 56-67. ISSN 1829-5614

[img]
Preview
PDF (Cover Jurnal)
Download (3912Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    Image (JPEG) (Daftar Isi)
    Download (1101Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Artikel)
      Download (57Kb) | Preview

        Abstract

        Kajian ini sebagai wacana untuk mendesak perlunya sebuah penulisan sejarah yang luas tentang sejarah Sriwijaya. Maka permsalahan utama dalam kajian ini adalah mengapa perlu diadakan pelurusan sejarah Sriwijaya tentang lokalitas pusat Sriwijaya tersebut? Bagaimana contoh tulisan tentang lokalitas Sriwijaya yang perlu ada dalam buku teks sejarah di sekolah dengan sebuah pendekatan baru. Kuldesak dalam penulisan tersebut disebabkan karena munculnya narasi “mengambang” tentang pusat Sriwijaya. Oleh karena itu, perlu wacana yang ditawarkan dalam tulisan ini menggunakan pendekatan dekonstruksi kota ritual keagamaan atau kota suci, konsep-konsep kota suci tersebut perlu digunakan karena Sriwijaya indetik sebagai kerajaan Buddha.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Penulisan Sejarah, Sejarah Sriwijaya, Kuldesak, Lokasi Pusat.
        Subjects: D History General and Old World > D History (General)
        L Education > L Education (General)
        L Education > LA History of education
        Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > History Education
        Depositing User: M.A Dedi Irwanto M.Santun
        Date Deposited: 13 Apr 2012 03:58
        Last Modified: 26 Apr 2012 22:54
        URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/699

        Actions (login required)

        View Item