Iliran dan Uluan: Dikotomi dan Dinamika dalam Sejarah Kultural Palembang

Santun, Dedi Irwanto Muhammad and Murni, Murni and Supriyanto, Supriyanto (2010) Iliran dan Uluan: Dikotomi dan Dinamika dalam Sejarah Kultural Palembang. Eja Publisher Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 1-180. ISBN 9789791407236 (Unpublished)

[img] PDF (Iliran dan Uluan: Dikotomi dan Dinamika dalam Sejarah Kultural Palembang) - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
    [img]
    Preview
    PDF (cover Buku Iliran dan Uluan)
    Download (423Kb) | Preview

      Abstract

      Buku ini merupakan usaha untuk memberi pengetahuan, pemahaman sekaligus mencari model solusi pemecahan masalah yang diakibatkan adanya keberagaman budaya yang mungkin saja sebenarnya berawal dari persepsi yang salah terhadap keanekaan budaya tersebut. Buku ini mencoba mendeskripsikan tentang sebuah masalah dikotomi kultural masa lampau Kota Palembang yang berupa perang ideologi mengandung pertentangan sosial. Dalam buku ini, ketiga penulis mencoba mengilustrasikan bagaimana terbentuknya dua kutub tersebut dengan terlebih dahulu melihat hubungan relasi dan memetakan kedua konsep tersebut. Berdasarkan relasi dan peta konsep tersebut, penulis buku ini juga memaparkan bagaimana konflik sosial tersebut mendapat medannya ketika Palembang berubah menjadi kota kolonial dan kota nasional dengan segala kesempatan dan keterbukaan untuk melakukan mobilitas vertikal di kalangan masyarakat pendukungnya. Sebab itu, ketika orang uluan banyak yang datang berurbanisasi ke kota, iliran, yang selama ini tidak banyak terjadi pada Zaman Kesultanan Palembang, justru merekalah yang dapat memanfaatkan kesempatan karena mereka memang datang sebagai pelajar dan kaum intelektual baru di kota, meskipun pada akhirnya, zaman kota nasional, pasca kemerdekaan, hal tersebut semakin berkurang, karena mereka datang sebagian besar dan memang mendominasi sebagai pekerja tanpa skill. Tetapi yang menariknya, dalam buku ini, tim penulis tidak saja menyajikan ilustrasi tentang pertentangan tersebut, tetapi lebih jauh yang ingin dilakukan buku ini adalah sebuah kajian sejarah kultural, yang artinya sebuah bentuk memberi pemahaman kesadaran sejarah dan budaya, bahwa pertentangan dikotomis budaya tersebut, sebenarnya diakibatkan oleh kesalahan pemahaman, persepsi tentang budaya masyarakat lain yang sebenarnya bagian dari mereka itu sendiri.

      Item Type: Book
      Uncontrolled Keywords: budaya, dikotomi, kultural, Palembang, ideologi, sosial, urbanisasi
      Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
      D History General and Old World > D History (General)
      G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
      G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
      L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > History Education
      Depositing User: M.A Dedi Irwanto M.Santun
      Date Deposited: 13 Apr 2012 03:58
      Last Modified: 13 Apr 2012 04:14
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/698

      Actions (login required)

      View Item