PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Inda K, Nyimas and Siroj, Rusdy A. and Apriyanti L, Suci PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengedepankan pembelajaran berdasarkan konteks nyata dalam kehidupan sehari-hari, melibatkan kerjasama antar siswa (kelompok) dan interaksi aktif antara guru dan siswa. Pendekatan CTL mempermudah siswa mempelajari materi sesuai dengan daya pikirnya. Pemilihan konteks yang tepat pada bahasan yang dituju sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan ini. Menerapkan pendekatan CTL pada suatu bahan ajar menjadi sangat penting, mengingat bahan ajar akan sangat membantu dalam mengarahkan pendekatan CTL secara terstruktur, jelas dan terarah sehingga mudah untuk dipahami. Dalam hal ini peneliti akan mengembangkan suatu bahan ajar LKS dengan pendekatan CTL pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII. Masalah dalam penelitian ini: Bagaimana mengembangkan bahan ajar lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pendekatan CTL pada materi persegi dan persegi panjang di SMP kelas VII yang valid dan praktis? (2) Bagaimana efek potensial dari penggunaan Lembar Kegiatan Siswa dengan pendekatan CTL materi persegi dan persegi panjang terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII? Proses pengembangan LKS ini melalui dua tahap penelitian pengembangan development research yaitu tahap preliminary dan tahap formative evalution. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan pembelajaran CTL dalam mengembangkan LKS materi persegi dan persegi panjang dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji ahli serta dikategorikan memiliki efek potensial dari hasil uji lapangan.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr., S.Pd., M.T. Hapizah Hapizah
    Date Deposited: 21 Dec 2016 16:36
    Last Modified: 21 Dec 2016 16:36
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6928

    Actions (login required)

    View Item