Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Menggunakan Media Powerpoint pada materi Garis dan Sudut di Kelas VII.3 SMP Negeri 7 Palembang

Tendri, Muslimin and Antari, Luvi and Puji Astuti, Wahyuni Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Menggunakan Media Powerpoint pada materi Garis dan Sudut di Kelas VII.3 SMP Negeri 7 Palembang. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Tulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang menggunakan media power point melalui pendekatan kontruktivisme di SMP Negeri 7 Palembang. Pendekatan kontruktivisme yang dikombinasikan dengan penggunaan media power point digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini. Dari penelitian ini didapat bahwa siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan karena menggunakan media power point dan dalam pembelajaran siswa menjadi lebih aktif sesuai dengan yang diharapkan pada pendekatan kontruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dari kedua siklus yang di lalui, bisa disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi garis dan sudut dengan pendekatan kontruktivisme dinyatakan berhasil. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika materi garis dan sudut dengan pendekatan konstruktivisme dengan media powerpoint pada umumnya siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi garis dan sudut.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr., S.Pd., M.T. Hapizah Hapizah
    Date Deposited: 21 Dec 2016 16:36
    Last Modified: 21 Dec 2016 16:36
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6926

    Actions (login required)

    View Item