Pengembangan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa SMP

Letrianah, Letrianah and Lusiana, Lusiana Pengembangan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa SMP. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (1672Kb)

    Abstract

    Makalah ini disajikan bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian yang telah dilakukan di awal sampai pertengahan tahun 2016, Adapun tujuan penelitian ini untuk menghasilkan soal-soal berbasis kontekstual pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang valid, reliabel, mempunyai daya pembeda dan tingkat kesukaran. Metode pengembangan yang digunakan sesuai yang di kemukakan Rajagukguk (2015), yaitu dengan langkah-langkah pengembangan instrumen tes; menetapkan tujuan tes, membuat kisi-kisi, menulis soal, melakukan telaah instrumen secara teoritis, melakukan uji coba dan analisis hasil uji coba tes, dan merevisi soal. Pada penelitian ini terdapat dua macam validitas, yaitu validitas secara teoritis dan empiris. Validitas teoritis didapat dari hasil validasi pakar dan angket validator, hasil validasi memenuhi syarat berdasarkan content, konstruk, dan bahasa, nilai angket validator diperoleh koefisien reprodusibilitas 1 , nilai koefisien skalabilitas 1, yang berarti angket cukup baik untuk digunakan. Validitas empiris yang diperoleh menunjukkan setiap butir soal dinyatakan valid dan nilai reliabiltas yaitu 0,815 ≥ 0,70 berarti memiliki reliabilitas yang tinggi. Daya pembeda dengan kategori baik(40%),cukup(40%) dan jelek(20%), Tingkat kesukaran kategori mudah(13,3%), sedang 80% dan sukar (0,7%). Dari hasil pengembangan dan analisis soal diperoleh 3 butir soal belum layak pakai dan 12 butir soal layak pakai.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr., S.Pd., M.T. Hapizah Hapizah
    Date Deposited: 21 Dec 2016 16:37
    Last Modified: 21 Dec 2016 16:37
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6923

    Actions (login required)

    View Item