Pembelajaran Matematika Materi Peluang Menggunakan Kupon Gosokan dan Dadu di Kelas IX

Diana, Diana and Ilma, Ratu and Somakim, Somakim Pembelajaran Matematika Materi Peluang Menggunakan Kupon Gosokan dan Dadu di Kelas IX. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (935Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran penggunaan kupon gosokan dan dadu serta menghasilkan lintasan belajar siswa pada materi peluang menggunakan pendekatan PMRI untuk kelas IX. Metode yang digunakan adalah desain pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : desain pendahuluan, percobaan mengajar (pilot experiment dan teaching experiment), dan analisis retrospektif. Dalam penelitian ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan pendekatan PMRI. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas IX.2 pada tahap pilot experiment dan 27 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Pampangan pada tahap teaching experiment. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu menentukan ruang sampel, menemukan rumus peluang, dan menghitung nilai peluang suatu kejadian. Melalui aktivitas dan soal yang diberikan, siswa dibawa dari situasi informal menuju situasi yang lebih formal. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran media kupon gosokan dan dadu menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami konsep materi peluang.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr., S.Pd., M.T. Hapizah Hapizah
    Date Deposited: 21 Dec 2016 16:37
    Last Modified: 21 Dec 2016 16:37
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6922

    Actions (login required)

    View Item