Pembelajaran Bunga Tunggal dengan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas VII

Anita, Anita and Zulkardi, Zulkardi and Santoso, Budi Pembelajaran Bunga Tunggal dengan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas VII. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran bunga tunggal di kelas VII SMP dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dapat membantu siswa meningkakan pemahaman pemecahan masalah materi bunga tunggal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian design research yang akan mendesain materi Bunga Tunggal dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk kelas VII. Design research terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary, design experiment dan retrospective analysis. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Pedamaran dengan melibatkan 6 siswa kelas VII. 4 pada tahap pilot. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui rekaman video, lembar aktivitas siswa, dan wawancara kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah lintasan belajar yang terdiri dari 3 aktivitas dan menunjukkan bahwa pembelajaran bunga tunggal dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat membantu pemahaman pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran materi bunga tunggal.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Postgraduate Program > Master Program > Master Program in Mathematics Education
    Depositing User: Dr., S.Pd., M.T. Hapizah Hapizah
    Date Deposited: 21 Dec 2016 16:36
    Last Modified: 21 Dec 2016 16:36
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6917

    Actions (login required)

    View Item