Kesiapan Calon Guru dalam Pelaksanaan PPL: Ditinjau dari Kemampuan Pedagogical Content Knowledge

Yenny Anwar, Dr (2016) Kesiapan Calon Guru dalam Pelaksanaan PPL: Ditinjau dari Kemampuan Pedagogical Content Knowledge. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3 (1). pp. 1-103. ISSN 2355-7192

[img] Microsoft Word
Download (72Kb)

    Abstract

    Yenny Anwar Universitas Sriwijaya Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk melihat kesiapan mahasiswa calon guru untuk menghadapi PPL yang ditinjau dari kemampuan Pedagogical Content knowledge mahasiswa calon guru. Mahasiswa berasal dari dua LPTK yang berbeda, yaitu perguruan tinggi swasta dan negeri di daerah jawa barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, data diperoleh melalui pengisian tes dan wawancara. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa calon guru dalam menghadapi PPL khususnya kemampuan PCK mereka masih sangat minim. Masih terdapat miskonsepsi, kaitan antar konsep tidak begitu jelas, belum menyadari konsep-konsep sulit yang akan di hadapi oleh siswa, belum menyadari hal penting yang harus diketahui oleh siswa dan masih ada materi penting yang belum muncul, yang seharusnya dipahami oleh siswa. Hanya sedikit materi yang relevan berkaitan dengan hal-hal yang akan dan seharusnya dipahami oleh siswa. Mereka mengetahui strategi pembelajaran secara umum tetapi kesulitan ketika dihadapkan dengan materi yang khusus. Kata kunci : Biologi, PCK, PPL

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: Dr Yenny Anwar
    Date Deposited: 20 Sep 2016 15:19
    Last Modified: 20 Sep 2016 15:19
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6810

    Actions (login required)

    View Item