Analisis Korelasional Tingkat Religiusitas Mahasiswa dengan Motivasi Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Alquran al-Ittifaqiah di Indralaya OI)

Jaya, Hariswan Putera Analisis Korelasional Tingkat Religiusitas Mahasiswa dengan Motivasi Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Alquran al-Ittifaqiah di Indralaya OI). Project Report. (Submitted)

[img] PDF (Laporan Penelitian) - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2555Kb) | Request a copy

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan bahasa Inggris mahasiswa STITQI. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti motivasi yang rendah dan tingkat religiusitas yang kurang optimal. Secara teoritis terdapat kecenderungan bahwa religiusitas dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar karena agama pada umumnya menganjurkan menuntut ilmu pengetahuan. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan bagaimana profil gaya belajar mahasiswa dan motivasi belajar bahasa Inggris mereka. Sebagai bagian dari deskripsi ini juga ditentukan tipe religiusitas dan tipe motivasi belajar yang mendominasi sampel penelitian ini. Sehubungan dengan itu juga dianalisis untuk mengidentifikasi mahasiswa dengan motivasi sangat tinggi dan tinggi dihubungkan dengan tipe religiusitas yang dominan. Kemudian, juga dihitung korelasi antara gaya belajar dan motivasi belajar bahasa Inggris. Untuk itu dapat dijelaskan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ke dua variabel tersebut di atas dan untuk menentukan korelasi antara ke duanya. Penelitian ini adalah peneliian deskriptif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STITQI di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner gaya belajar dan kuesioner motivasi belajar. Analisis data menggunakan statitistik deskriptif untuk deskripsi variabel pada rumusan masalah 1 sampai dengan 5 dan statistik korelasional untuk korelasi. Dari hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan enam temuan. Pertama, tingkat religiusitas mahasiswa sampel penelitian ini sebagian besar (87,5%) berada pada kategori ‘sangat tinggi’ dan ‘tinggi’, masing-masing 32,5 persen dan 55 persen. Pada kategori’sedang’ terdapat 12,5 persen. Tidak ada mahasiswa yang tergolong memiliki tingkat religiusitas ‘rendah’ dan ‘sangat rendah’. Kedua, tingkat motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa sampel penelitian ini sebagian besar (92,5%) berada pada kategori ‘sangat tinggi’ dan ‘tinggi’, masing-masing 82,5 persen dan 10 persen. Pada kategori ’sedang’ terdapat 7,5 persen. Tidak ada mahasiswa yang tergolong memiliki tingkat motivasi belajar ‘rendah’ dan ‘sangat rendah’. Ketiga, tipe religiusiats yang mendominasi mahasiswa sampel ini adalah tipe ‘intrinsik’. Skor rata-rata (mean) religiusitas intrinsik adalah 42,5 sedangkan religiusitas tipe ekstrinsik adalah 39,4. Keempat, secara umum mahasiswa sampel penelitian ini memiliki motivasi ekstrinsik. Skor rata-rata (mean) motivasi ekstrinsik adalah 52,925 sedangkan mean untuk motivasi intrinsik adalah 47,125. Terdapat 34 orang (85%) memiliki motivasi ekstrinsik lebih dominan daripada motivasi intrinsiknya. Ada lima orang (12,5%) yang memilki motivasi intrinsik lebih dominan dan stu orang (2,5%) yang mrmiliki motivasi seimbang antara intrinsik dan ekstrinsik. Kelima, dari ke 37 mahasiswa yang tergolong memiliki tingkat motivasi belajar ‘sedang’ sampai dengan ‘sangat tinggi’, 25 orang memiliki tipe relgiusitas intrinsik dan 11 religiusitas ekstrinsik. Temuan terakhir adalah bahwa Terdapat korelasi positif dan signifikan antara religiusitas mahasiswa STITQI dengan motivasi belajar bahasa Inggris mereka pada taraf signifikan 0,01. Koefisien korelasi hasil hitung ( r ) adalah 0,492, lebih besar daripada koefisien korelasi pada tabel (r= 0,413) dengan df 38.

    Item Type: Article
    Subjects: P Language and Literature > PE English
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education
    Depositing User: Mr. Hariswan Putera Jaya
    Date Deposited: 27 Apr 2016 15:59
    Last Modified: 27 Apr 2016 15:59
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6376

    Actions (login required)

    View Item