EVALUASI LAHAN SUBDAS BATANG HARI LEKO ANAK SUNGAI MUSI DI AREA SUBAN KECAMATAN BATANG HARI LEKO, KABUPATEN MUSI BANYUASIN, SUM-SEL

Bernas, Siti Masreah and Naning, M. Idris (2003) EVALUASI LAHAN SUBDAS BATANG HARI LEKO ANAK SUNGAI MUSI DI AREA SUBAN KECAMATAN BATANG HARI LEKO, KABUPATEN MUSI BANYUASIN, SUM-SEL. In: Prosiding Air untuk Pembangunan di Era Otonomi Daerah, 30 April-1 Mei 2003, Palembang.

[img]
Preview
PDF - Presentation
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1688Kb) | Preview

    Abstract

    Area suban merupakan bagian hulu DAS anak Sungai musi, dimana terdapat mata air dan sungai sungai kecil yang mengalir ke Sungai Mekanding kemudian ke Batang Hari Leko dan akhirnya ke Sungai Musi. Area ini merupakan tempat pengeboran migas oleh perusahaan swasta karenanya banyak jalan baru dibuat. Selhingga dimasa vang akan datang daerah aliran ini akan semakin banyak yang dibuka untuk pertanian, padahal sebagai DAS hulu sangat berfungsi sebagai penahan atau sumber air dan penahan erosi. Karena itu evaluasi lahan perlu dilakukan untuk mengetahui jenis pertanian atau perkebunan apa yang sesuai di lahan ini, sehingga fungsinya tidak terganggu. Luas lahan yang dievaluasi sekitar 6 ribu hektar, dengan vegetasi hutan primer yang terbakar tahun 1997, Hutan tanaman industri Acasia dan sebagain kecil dekat dengan jalan adalah kebun karet rakyat. Evaluasi meliputi jenis tanah dan kesuburannya, kesesuaian lahan, serta prediksi erosi. Di lahan ini terdapat tanah Regosol dan Podsolik Plintik dan keduanya dicirikan oleh rendahnya kandungan hara dan kandungan bahan organik sedang sampai tinggi. Lahan ini tidak sesuai untuk ianaman padi sawah, hanya 35% sesuai untuk tanaman pangan dan 55% sesuai untuk tanaruan tahunan. Faktor pembatas utama adalah kemiringan lereng, dimana area ini bergelombang dan berbukit. Prediksi erosi masih di bawah batas toleransi karena lahan umumnya masih di bawah vegetasi pohon (tahunan) dau hutan. Hendaknya lahan ini hanya diperuntukkan untuk tanaman tahunan seperti kebun karet dan sawit atau HTI sehingga tetap terjaga sebagai daerah resapan air, sumber air dan penahan erosi.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science and Land Resources
    Depositing User: Dr. Siti Masreah Bernas
    Date Deposited: 16 Mar 2012 15:36
    Last Modified: 26 Apr 2016 09:24
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/636

    Actions (login required)

    View Item