MENDESAIN SENDIRI SOAL KONTEKSTUAL MATEMATIKA

Zulkardi, Zulkardi and Indra Puri, Ratu Ilma (2006) MENDESAIN SENDIRI SOAL KONTEKSTUAL MATEMATIKA. In: Prosiding KNM13. Konferensi Nasional Matematika ke-13, Semarang, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview

    Abstract

    Terkait dengan Undang-undang Guru dan Dosen, salah satu kemampuan yang diharapkan dari guru matematika yang profesional adalah kemampuan pedagogik yang diantaranya mendesain sendiri materi dan soal-soal kontekstual yang dapat digunakan baik sebagai alat peningkatan kualitas proses belajar mengajar maupun sebagai alat penilaian. Pada paper ini dijelaskan apa dan mengapa soal kontekstual matematika termasuk peran konteks dalam matematika sekolah. Kemudian dibahas langkah-langkah bagaimana mendesain soal kontekstual mulai dari pemilihan konteks yang sesuai konsep sampai kepada teori yang yang digunakan sebagai pedoman yang dalam hal ini adalah Realistic Mathematics Education(RME) atau Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Terakhir, diberikan contoh-contoh soal kontekstual yang telah didesain serta didiskusikan hasil uji cobanya pada siswa dan mahasiswa dalam beberapa kesempatan.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Desain soal, soal kontekstual, PMRI, kemampuan pedagogik
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
    Date Deposited: 13 Mar 2012 02:40
    Last Modified: 27 Mar 2014 14:26
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/610

    Actions (login required)

    View Item