DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL JARING LABA-LABA DI SMP

Marion, Marion and Zulkardi, Zulkardi and somad, somakim (2015) DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL JARING LABA-LABA DI SMP. Jurnal Kependidikan, 45 (1). pp. 44-61. ISSN 0125-992X

[img] PDF - Published Version
Download (15Kb)

    Abstract

    Abstract Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didikmemahami Pola Bilangan dengan konteks kerajinan anyaman sekaligus memberi kesempatan siswauntuk membangun pengetahuannya sendiri menggunakan model pembelajaran Jaring Laba-laba diSMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Validation Study dengan subyekpenelitian siswa kelas IX SMP Negeri 3 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasilpenelitian diperoleh lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami pola bilangan.Pembelajaran diawali dengan pengenalan anyaman sebagai starting point, secara mandiri dan atauberinteraksi dengan sumber belajar lain seperti buku, teman sebaya, diskusi kelas dan penguatanguru, siswa menemukan pola bilangan dari keteraturan motif anyaman, melanjutkan pola secarateratur, menemukan dan melanjutkan suku berikutnya barisan bilangan, menentukan suku tertentudan suku ke-n barisan bilangan sederhana serta jumlah sampai pola tertentu. Selain itu siswa jugadapat mendesain motif anyaman terkait pola bilangan yang diketahui

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
    Date Deposited: 16 Jan 2016 18:33
    Last Modified: 16 Jan 2016 18:33
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/6038

    Actions (login required)

    View Item