SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KECELAKAAN KERJA DI PERUSAHAAN

Novrikasari, Novrikasari (2009) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KECELAKAAN KERJA DI PERUSAHAAN. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 41 (3). pp. 2644-2648. ISSN 0-853-1773

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (642Kb) | Preview

    Abstract

    Organisasi harus menetapkan dan memelihara prosedur untuk memantau dan mengukur kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara teratur. Adapun prosedur yang harus disediakan adalah prosedur pengukuran kualitatif dan kuantitatif yang memadai untuk kebutuhan organisasi yang salah satu prosesnya adalah menganalisa dokumen, catatan atau laporan mengenai kecelakaan, insiden dan ketidaksesuaian serta tindak koreksi dan pencegahan. Informasi kecelakaan kerja yang terjadi di tempat kerja penting artinya dan besar peranannya dalam rangka menetapkan kebijakan dan program pencegahan kecelakaan. Pada saat ini analisa kecelakaan kerja dan statistik kecelakaan kerja merupakan dasar informasi yang diperlukan untuk membantu manajer mengambil keputusan. Penentuan kebujakan kegiatan pencegahan kecelakaan kerja seperti perencanaan perbaikan kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja, kegiatan pelatihan untuk tenaga kerja, perbaikan manajemen, penentuan sarana dan prasarana keselamatan dan kesehatan kerja dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan pencegahan kecelakaan kerja. Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kecelakaan Kerja, Perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
    Depositing User: fakhriyati f ningrum
    Date Deposited: 11 Nov 2015 10:55
    Last Modified: 11 Nov 2015 10:55
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5910

    Actions (login required)

    View Item