Pengajaran Anatomi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Siswo, Legiran Pengajaran Anatomi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kumpulan Abstrak: Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia, Yogyakarta, 7-8 Agustus 2009.

[img]
Preview
PDF
Download (78Kb) | Preview

    Abstract

    Anatomi adalah salah satu mata kuliah ilmu dasar penting dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sejak Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) memberlakukan KBK pada tahun 2006, mata kuliah anatomi telah masuk menjadi salah satu bagian dalam proses pembelajaran terintegrasi dalam satuan blok. Pengajaran anatomi disajikan dengan pendekatan sistem tubuh manusia dalam bentuk kuliah integrasi dan praktikum menggunakan kadaver. Sejak diberlakukannya KBK, telah dilakukan beberapa kali perubahan materi dan metode pengajaran. Walaupun demikian, masalah alokasi lamanya waktu kuliah dan praktikum, materi kuliah, keterlibatan anatomi dalam pembelajaran berbasis masalah, masih mengemuka untuk dikaji terkait adanya kesan bahwa dalam KBK, mata kuliah anatomi telah banyak mengalami kekurang-perhatian. Harapannya adalah kompetensi mahasiswa menguasai ilmu kedokteran harus didasari pada penguasaannya ilmu anatomi yang memadai. Kata kunci: anatomi, pengajaran, kurikulum, kompetensi

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Doktor Legiran Siswo
    Date Deposited: 04 Aug 2015 00:37
    Last Modified: 14 Sep 2015 05:52
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5724

    Actions (login required)

    View Item