Ilmu Hukum Pidana Anak : Dari Filsafat Pemidanaan, ke Teori Pertanggungjawaban Pidana, Dogmatika Hukum dan Praktik Hukum

Nashriana, Nashriana (2009) Ilmu Hukum Pidana Anak : Dari Filsafat Pemidanaan, ke Teori Pertanggungjawaban Pidana, Dogmatika Hukum dan Praktik Hukum. Project Report. Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (483Kb) | Preview

    Abstract

    Ilmu harus dipandang sebagai sesuatu yang terus bergerak dan mengalir, demikian pula ilmu hukum. Terhadap ilmu hukum, harus dipandang secara holistic , yang berarti dapat memberikan kesadaran visioner bahwa suatu alam tatanan tertentu memiliki bagian yang saling berkaitan baik dengan bagian lainnya atau dengan keseluruhannya. Ternyata, dalam ilmu hukum pidana, pandangan holistic tersebut tidak terlihat, atau dengan kata lain terpecah-pecah. Dalam analisis tulisan ini didapatkan fenomena yang demikian. Konstruksi fikir menyangkut ilmu hukum pidana anak, yang kemudian memperhatikan filsafat pemidanaan bagi anak yang melakukan kejahatan berupa pemikiran determinisme, maka kemudian menjadi pecah ketika berbicara tentang konsep pertanggungjawaban pidana, dogmatika hukum dan berimbas kepada praktik hukum yang tidak berpihak kepada anak. Sebaiknya konstruksi fikir yang terpecah demikian, harus dilakukan pembaharuan hukum sehingga ada konstruksi yang ideal bagi anak pelaku tindak pidana.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Faculty of Law > Department of Law
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 05 Mar 2012 10:31
    Last Modified: 07 Mar 2012 17:18
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/567

    Actions (login required)

    View Item