AN INTEGRATED COMPUTER BASED LEARNING: PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KALKULUS

Susanti, Ely AN INTEGRATED COMPUTER BASED LEARNING: PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KALKULUS. Simposium Nasional Hasil Penelitian & Inovasi Pendidikan 2011.

[img]
Preview
PDF
Download (198Kb) | Preview

    Abstract

    Kompleksnya permasalahan yang muncul di masyarakat menjadikan pendidikan tidak hanya bertujuan menciptakan generasi cerdas tetapi generasi yang mampu beradaptasi pada situasi–situasi tersebut, serta dapat menggunakan ilmu–ilmu yang diperoleh pada jenjang pendidikan kehidupan sehari-hari termasuk mata pelajaran matematika melalui pendidikan dan pembentukan karakter peserta didiknya. Salah satu caranya adalah dengan an integrated computer based learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh gambaran tentang an integrated computer based learning dalam membentuk karakter bangsa, (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unsri Mata Kuliah Kalkulus dengan menggunakan computer based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran yang dikondisikan seperti an integrated computer based learning dapat membangun karakter mahasiswa serta ada peningkatan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unsri Mata Kuliah Kalkulus dengan menggunakan Computer based learning. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka peneliti menyarankan kepada: Kemendiknas, secara tertulis untuk dapat menuangkan ide pendidikan karakter ini dalam setiap kurikulum, mulai jenjang PAUD sampai perguruan tinggi. Puskur dan Peneliti lain, untuk dapat mengembangkan instrumen pembelajaran yang dapat membangun karakter bangsa dengan lebih jelas dan detail sehingga lebih mudah diterapkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dr. Ely Susanti Robinson
    Date Deposited: 22 Jul 2015 09:37
    Last Modified: 22 Jul 2015 09:37
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5652

    Actions (login required)

    View Item