PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Yenny Anwar, Dr (2007) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Forum Kependidikan, 26 (2). pp. 118-226. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF (Jurnal Terakriditasi) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

    Download (112Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas I(X) SMA Srijaya Negara Palembang. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tehnik eksperimen The Static group Comparizon : Randomized Control Only Desigh, sehingga dua kelas yang diambil sebagai kelompok sampel dikelompokan ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menganggap semua siswa memiliki kemampuan yang sama, dan dari data yang diperoleh pun berdistribusi normal, maka untuk menganalisisnya digunakan uji t untuk taraf α= 5%. Dari analisa data diperoleh t hitung = 4,34 dan t table = 1,6675. maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas 1(X) SMA srijaya Negara palembang. Dengan adanya hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan Pendekatan Konstruktivisme ini sebagai pengetahuan tambahan dan mempermudah dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran biologi di SMA.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme, Pembelajaran, Biologi SMA
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
      Depositing User: Dr Yenny Anwar
      Date Deposited: 27 Jul 2015 11:15
      Last Modified: 27 Jul 2015 11:15
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5604

      Actions (login required)

      View Item