KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI YANG BERPENGALAMAN DAN GURU BIOLOGI YANG BELUM BERPENGALAMAN

Anwar, Yenny and Rustaman, Nuryani Y and Widodo, Ari and Redjeki, Sri (2014) KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI YANG BERPENGALAMAN DAN GURU BIOLOGI YANG BELUM BERPENGALAMAN. Jurnal Pengajaran IPA, 19 (1). pp. 1-140. ISSN 1412-0917

[img]
Preview
PDF (Jurnal Pengajaran IPA) - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan PCK guru biologi senior (mengajar > 20 th) dan guru junior ( mengajar < 10 th). Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, partisipannya adalah dua orang guru biologi junior dan dua orang guru biologi senior. Kemampuan ini diukur dengan meminta guru membuat CoRes dan PaP-eRs pada materi transportasi zat yang dilanjutkan dengan teknik wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru senior memunculkan tujuh konsep penting yang harus diajarkan sedangkan guru junior memunculkan antara delapan sampai 10 konsep. Guru senior lebih fokus pada konsep-konsep yang cenderung dimiskonsepsi dan pada bagian sulit dipahami oleh siswa seperti konsep difusi dan osmosis, serta pembelajaran lebih kepada penggunaan metode. Guru senior lebih fleksibel menggunakan strategi mengajar, disesuaikan dengan kondisi dilapangan dan keadaan siswa. Guru junior lebih fokus pada kedalaman materi dan model-model pembelajaran yang akan digunakan. Penggunaan strategi cenderung kurang fleksibel, lebih dikaitkan pada perencanaan yang sudah dibuat.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agriculture Product Technology
    Depositing User: Dr Yenny Anwar
    Date Deposited: 03 Jul 2015 03:27
    Last Modified: 03 Jul 2015 03:29
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5544

    Actions (login required)

    View Item