Pengembangan Customer Relationship Management Untuk Toko Tradisional Menggunakan CRM-IRIS Methodology

Nugroho, Ahmad Bagus and Firdaus, Firdaus and Novianti, Hardini (2014) Pengembangan Customer Relationship Management Untuk Toko Tradisional Menggunakan CRM-IRIS Methodology. In: Seminar Nasional Sistem Komputer dan Informatika (SNSKI) 2014, 24 November 2014, Padang, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (767Kb) | Preview

    Abstract

    Banyaknya pasar modern dan konsep “toko online” yang muncul membuat toko tradisional harus bersaing dengan mereka. Pasar harus diartikan sebagai tempat bertemu dengan pelanggan melalui berbagai cara sehingga pelanggan merasa dimudahkan dalam pelayanan. Manajemen hubungan pelanggan adalah salah satu cara untuk mengatur bagaimana cara melayani pelanggan sebagai objek utama. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem manajemen hubungan pelanggan untuk toko tradisional dengan menggunakan metodologi CRM-IRIS karena metode tersebut merupakan metode pengembangan sistem yang fokus pada sistem manajemen hubungan pelanggan. Dari hasil penelitian didapat bahwa pengelolaan data pelanggan menjadi yang terpenting dalam kegiatan pemasaran, penjualan, dan layanan purnajual bagi toko tradisional ditambah dengan penggunaan teknologi pesan singkat, internet, dan telepon sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > Computer Engineering
    Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information System
    Depositing User: Mr Firdaus Firdaus
    Date Deposited: 17 Feb 2015 18:07
    Last Modified: 17 Feb 2015 18:07
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5169

    Actions (login required)

    View Item