IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI FKIP UNSRI

Hasmidyani, Dwi and Syarifuddin, Syarifuddin (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI FKIP UNSRI. Jurnal Forum SOSIAL, VI (02). pp. 297-390. ISSN 1972-8681

[img] PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239Kb) | Request a copy

    Abstract

    Rendahnya partisipasi dan hasil belajar mahasiswa kelas reguler program studi Pendidikan Ekonomi semester V FKIP Unsri tahun ajaran 2012/2013 menjadi masalah dalam penelitian tindakan kelas ini. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat memperoleh pembelajaran yang menarik dan lebih menyenangkan, bagi dosen agar dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan penelitian tindakan kelas serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan bagi program studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester V pendidikan ekonomi sebanyak 48 mahasiswa. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar pokok bahasan Penilaian Berbasis Kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes, angket partisipasi dan angket respon mahasiswa, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa. Siklus I dengan persentase rata-rata skor partisipasi 72,14% dan rata-rata skor hasil belajar 71,46. Siklus II dengan persentase rata-rata skor partisipasi 82,54% dan rata-rata skor hasil belajar 90,43. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, partisipasi, hasil belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: Dwi Hasmidyani Zulkarnain
    Date Deposited: 12 Jan 2015 10:02
    Last Modified: 12 Jan 2015 10:02
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5058

    Actions (login required)

    View Item