TELAAH SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN PEMBEBASAN

Husin, Azizah (2013) TELAAH SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN PEMBEBASAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2013. Program Studi Pendidikan Matematik FKIP Unsri, pp. 37-47.

[img]
Preview
PDF
Download (13Mb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penulisan ini adalah untuk menelaah system pendidikan nasional dilihat dari prespektif pendidikan pembebasan. Potret system pendidikan Indonesia masih belum mencerminkan terlaksananya praktek pemberian hak kepada guru dan sekolah untuk berperan dalam system pendidikan yakni sebagai subjek pendidikan. Peranan guru dan sekolah hanya sebagai pelaksana kebijakan kemendikbud yakni pelaksana kurikulum nasional, system evaluasi nasional, dan swastanisasi pendidikan. Hal ini berdampak pada pelaksanaan proses pendidikan disekolah yakni pada pelaksanaan proses pendidikan di lapangan. Kurikulum yang overloaded menyebabkan guru kekurangan waktu untuk mengembangkan materi ajar serta menggunakan variasi metode dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKS jadi andalan guru. Dengan LKS guru merasakan lebih ringan mengajar jika tidak sempat mengajar atau menyelesaikan materi. Ujian nasional memacu guru dan murid mengejar prestasi nasional yang bersifat kognitif. Swastanisasi pendidikan menyebabkan biaya pendidikan menjadi mahal. Pada akhirnya tujuan pendidikan untuk membentuk insan yang inovatif kreatif menjadi kurang maksimal. Hal ini berpengaruh kepada kemampuan daya saing di tingkat global.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan nasional, kurikulm, ujian nasional, slvastanisasi pendidikan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program Out of School Education
    Depositing User: Azizah Husin
    Date Deposited: 22 Dec 2014 10:31
    Last Modified: 22 Dec 2014 15:07
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/5033

    Actions (login required)

    View Item