Metakognisi dan Peran Serta Implikasinya bagi Pembelajaran Membaca

Saripudin, Agus (2007) Metakognisi dan Peran Serta Implikasinya bagi Pembelajaran Membaca. Jurnal Lingua, Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (2). pp. 183-191. ISSN 1411-2388

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Metacognition (metakognisi) mengacu pada pengetahuan dan kontrol si anak pada kegiatan belajarnya. Metakognisi telah diketahui sebagai suatu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Walaupun secara alami seiring dengan bertambahnya usia, pembelajaran sudah bisa membantu dan memacu perkembangan tersebut. Para alhi pembelajaran membaca pun telah mempertimbangkan pembicaan metakognisi bagi perkembangan kemampuan membaca anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara metakognisi (pengetahuan dan kontrol terhadap membaca) dan kemampuan membaca. Pembaca yang baik dan berhasil biasanya memiliki pengetahuan metakognitif tentang kelebihan dan keterbatasan dirinya baik sebagai pembaca maupun sebagai pembelajar. Ia pun menyadari tuntutan dan sifat bacaan serta tersedianya teknologi untuk mencapai tujuan membaca. Selain itu, ia memiliki kontrol yang baik terhadap perilaku membacanya seperti tampak dalam penggunaan strategi, pemantauan pemahaman dan tindakan korektif ketika mengalami kegagalan atau hambatan dalam pemahama. Untuk meningkatkan kemampuan metakognitif seorang pembaca, perlu terlebih dahulu diketahui pengetahuan metakognifnya dan kemuan pelu diakukan pelibatsertaa mereka dalam kegiatan metakognif, misalnya dengan kegiatan refleksi setelah membaca baik melalui tanya jawab maupun pengisian angket kesadaran metakognitif tentang mereka

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: metakognisi, pengetahuan metakognitif, kontrol metakognitif, keterampilan metakognitif
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 21 Nov 2014 13:35
    Last Modified: 21 Nov 2014 13:35
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4979

    Actions (login required)

    View Item