Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pokok Bahasan Geometri Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Apos Menggunakan Model Van Hiele

Darmawijoyo, Darmawijoyo and Mulyono, Budi Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pokok Bahasan Geometri Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Apos Menggunakan Model Van Hiele. Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unsri. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (3542Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memenuhi kriteria pembelajaran berbasis APOS (Aksi-Proses-Objek-Skema) pokok bahasan geometri bidang SMP. Materi pada LKS ini disusun berdasarkan level berfikir yang mengadopsi model van Heil yaitu; level visual, deskripsi, rasional, dan reduksi. LKS yang dihasilkan menggunakan metode penelitian pengembangan model Luther dengan tahapan berikut; : (7) concept; (2) design; (3) material collecting; (4) assembly; (5) testing. Tahapan ujicoba produk, peneliti menggunakan evaluasi formatif yang diadopsi dari Tessmer, yaitu; evaluasi pakar (expert review, evaluasi satu-satu (one-to-one), evaluasi kelompok kecil (small group) serta uji coba lapangan (field test evaluation) atau uji coba pada subjek penelitian sebenarnya. Berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang dilakukan di enam sekolah dari empat kabupaten di wilayah Sumatera Selatan, diperoleh informasi LKS ini sangat berpotensi untuk digunakan dalam melatih berpikir analisis siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket diperoleh informasi bahwa LKS ini sangat berpotensi untuk mereduksi sikap tidak menyenangi pembelajaran matematika.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education
    Depositing User: Mr. Budi Mulyono
    Date Deposited: 17 Nov 2014 15:45
    Last Modified: 17 Nov 2014 15:45
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4942

    Actions (login required)

    View Item