HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA DI KELAS XI TKR SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013

Pramadya , Rumintari and Harlin, Harlin and Mochammad , Amri Santosa (2014) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA DI KELAS XI TKR SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013. Pendidikan Teknik Mesin, 1 (1). pp. 67-78. ISSN 2355-7389

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1685Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai hubungan (korelasi) dan ada tidaknya hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Pada kompetensi memelihara/servis unit kopling dan komponen-komponen pengoperasiannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif inferensial. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara yang berjumlah 93 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas XI TKR 2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan tipe purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik tes (post test) dan observasi. Data yang diambil adalah hasil post test siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dan hasil observasi kegiatan praktik untuk mengetahui tingkat keterampilan praktik siswa. Dari analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% serta dk(n-2) = 27, dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi (rxy) sebesar 0,538 dan hasil analisis uji hipotesis (thitung) sebesar 3,931, nilai 3,931 diperoleh dari uji signifikansi dengan uji t (thitung>ttabel), dimana ttabel = 2,052 sehingga 3,931 > 2,052. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki hubungan. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar jobsheet selalu dimanfaatkan dalam setiap kegiatan praktik siswa, jobsheet yang baik adalah jobsheet yang menggunakan bahasa dan gambar yang jelas agar mudah dipahami oleh siswa sehingga keterampilan praktik siswa dapat tercapai. Kata-kata kunci: Pemahaman siswa dalam membaca jobsheet, keterampilan praktik siswa, dan jobsheet.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Mechanical Engineering Education
    Depositing User: Mochamad Amri Santosa
    Date Deposited: 21 Nov 2014 11:11
    Last Modified: 21 Nov 2014 11:11
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4936

    Actions (login required)

    View Item