Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran Ekonomi Makro Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Deskoni, Deskoni (2011) Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran Ekonomi Makro Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Forum Sosial, 4 (2). pp. 9-14. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (286Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (175Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (284Kb) | Preview

        Abstract

        Pemanfaatan media pembelajaran erat kaitannya dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang diharapkan, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, memfasilitasi proses interaksi antara mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan ahli bidang ilmu yang relevan dimana saja, serta memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Perkembangan media pembelajaran sangat pesat dan telah menjadi inovasi baru dalam dunia pendidikan. Tidak terkecuali bagi perkembangan media visual. Media visual telah menjadi motivator, inspirator, juga inovasi dalam membangun dunia pendidikan. Sehubungan dengan itu, berdasarkan pengamatan penulis bahwa pemanfaatan media pembelajaran khususnya media visual untuk pembelajaran matakuliah ekonomi makro belum pernah diterapkan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya, karena media pembelajaran untuk matakuliah ekonomi makro masih terbatas pada media cetak berupa buku teks dan modul. Di samping itu, sebagian materi ekonomi makro mengandung unsur verbalistik yang memerlukan kemampuan abstraksi yang tinggi dari mahasiswa untuk menganalisisnya, sehingga mereka sering menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya, khususnya materi pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini, diperlukan beberapa contoh objek kongkrit yang menarik sehingga mampu mengurangi kejenuhan dan kebosanan dalam pembelajaran. Untuk menyiasatinya perlu sebuah media pembelajaran yang menarik, dalam hal ini media visual. Artikel ini mencoba menawarkan strategi pencapaian kualitas pembelajaran ekonomi makro melalui pemahaman-pemahaman yang mendalam secara teoretis mengenai media pembelajaran dalam hal ini media visual. Sehingga para pendidik diharapkan akan dapat melakukan beragam upaya peningkatan kualitas pembelajaran berdasarkan permasalahan yang nyata dan prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran yang efektif

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: pemanfaatan media visual, media pembelajaran
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
        Depositing User: Mr. Deskoni Deskoni
        Date Deposited: 18 Jul 2014 11:36
        Last Modified: 18 Jul 2014 11:36
        URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4622

        Actions (login required)

        View Item