Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Inkuiri Sosial Pada Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNSRI

Deskoni, Deskoni (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Inkuiri Sosial Pada Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNSRI. Jurnal Forum SOSIAL, 6 (2). pp. 304-311. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (364Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (329Kb) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bahan masukan bagi dosen dan mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri untuk dapat digunakan dalam meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas keluaran S1 PGSD khususnya dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian, tindakan kelas, desain penelitian dengan model siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data digunakan dengan cara kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk portofolio, tes hasil belajar, dan hasil observasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri Berasrama Semester 1, Matakuliah Konsep Dasar IPS yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran Konsep Dasar IPS dengan hasil belajar yang sangat memuaskan. Keaktifan mahasiswa dalam belajar cukup baik, yang ditunjukkan dengan semangat belajar yang tinggi. Manfaat yang diharapkan antara lain: (1) adanya peningkatan kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen; (2) meningkatnya pola berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah lingkungan alam yang berdampak pada kehidupan manusia yang dihadapi mahasisiwa sehari-hari; dan (3) dapat dimanfaatkan pula ketika mahasiswa akan menyusun skripsi nanti atau bila ingin menulis karya ilmiah lainnya setelah menjadi guru SD

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Strategi Inkuiri Sosial
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
      Depositing User: Mr. Deskoni Deskoni
      Date Deposited: 18 Jul 2014 11:36
      Last Modified: 18 Jul 2014 11:36
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4621

      Actions (login required)

      View Item